Headlines News :
Home » , » Tips Menerbitkan Buku Sendiri (Secara indie label )

Tips Menerbitkan Buku Sendiri (Secara indie label )

HAL-HAL YANG PERLU DI KETAHUI UNTUK MENERBITKAN BUKU SENDIRI
 
tips menerbitkan buku,cara menerbitkan buku,penerbitan bagus
Sebuah era baru dalam dunia penerbitan, Self Publishing, dimana menerbitkan buku dengan cara-cara tradisional yang seringkali bergantung pada penerbit telah runtuh. Banyak penulis yang termotivasi untuk menerbitkan bukunya sendiri, dengan biaya sendiri ataupun sponsor.
Dari beberapa pengalaman, kami mencoba berbagi beberapa hal yang perlu anda -PENULIS- ketahui dalam menerbitkan buku anda sendiri.

MENERBITKAN BUKU ITU MUDAH…

Kenapa tidak ? Jika anda menginginkannya, just do it. Anda perlu memilih ukuran buku yang sesuai. Format Ms.Word anda sesuai dengan ukuran buku tersebut. Konversikan naskah Word-Doc anda menjadi PDF, lalu kirimkan naskah anda ke percetakan atau self-publisher yang anda inginkan. Lalu anda akan mendapatkan Proof-reader segera setelah self-publisher melakukan lay-out terhadapt naskah Anda. Jika semua sudah sesuai dengan keinginan anda, CETAK. Simpel bukan..

DESKRIPSIKAN BUKU
Jika anda telah menetapkan buku anda akan bercerita tentang apa, siapa pembaca buku ini, berapa kira-kira ukuran buku anda, harga jual berkisar berapa. Semua tampak jelas didepan anda. Langkah ini penting, sehingga buku anda benar-benar mampu tepat dan dapat diterima oleh pembaca anda.

WALAUPUN BAGUS BELUM TENTU AKAN BERHASIL DALAM PENJUALAN
Bukan suatu bentuk pesimis, akan tetapi ini membuat anda sadar, realistik, sehingga akan mengevaluasi segala tindaka dan strategi anda. Tidak semua hal akan berhasil! Anggaplah sebagai sebuah kesuksesan yang tertunda. Konsultasikan dengan banyak pihak.

NICHE BOOK, TERBAIK

Buku yang spesifik untuk kalangan tertentu, kelompok tertentu, lebih mudah dan lebih baik dalam mengerucutkan target pembaca anda. tentunya lebih mudah juga menjangkau mereka dalam mempromosikan buku anda.

BUATLAH JUDUL YANG UNIK
Pilih kata-kata yang menarik perhatian pembaca, ataupun calon pembaca anda. Ada banyak contoh buku yang memilih kata-kata yang ‘nyeleneh’ dan terbukti menjadi buku best seller

NEGOSIASI dan KONSULTASI
Sebagai penulis anda berhak menegosiasikan segala hal yang berkaitan dengan buku anda. Daalam hal ini kami sebagai self publisher, berkomitmen membantu anda dalam pembuatan buku anda.

TANYAKAN BANYAK HAL
Komitmen kami untuk membantu anda, sehingga kami akan berusaha untuk menjawab segala kebingungan anda.

SELF PUBLISHING – PROAKTIF, MANFAATKAN RESOURCE ANDA

Sesungguhnya hal ini tidak hanya berlaku untuk self publishing. Di era sekarang ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk mempromosikan buku anda. Bukan berarti ketika anda berhasil menerbitkan sebuah buku, lalu anda hanya akan duduk menunggu buku anda terjual. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan. Seperti mempromosikan buku anda melalui blog, buat forum diskusi tentang buku anda, mengikuti milis bahkan membuat milis tentang buku anda, membuat buku anda dalam jejaring sosial, dan lain-lain. Intinya adalah, ini buku anda, sttrategi anda dan proaktifnya anda membuat buku ini menjadi sebuah hal yang BESAR.

PEMASARAN
Membuat buku anda/ mendistribusikan buku anda melalui toko buku termasuk hal yang penting, tapi itu bukanlah yang utama. terkait dengan hal sebelumnya, ada banyak yang bisa anda manfaatkan dengan kemajuan teknologi saat ini.
Manfaatkanlah kemampuan dan sumber daya yang ada. Teknologi saat ini begitu mempermudah anda. Dan yang terpenting adalah JUST DO IT !!
MAJULAH PENULIS – PENULIS INDONESIA….
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog Esoftdream - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger